Merantaulah! 10 Manfaat Ini Akan Kamu Dapatkan.,Baca Selengkapnya


Ketika akan kuliah (merantau) ke kota lain tentunya begitu menyenangkan untuk seorang remaja. Yang membuatnya senang yaitu merasa bebas, ingin lakukan apa pun tak ada yang melarang, tak ada lagi yang memarahinya saat pulang terlambat, keuangan juga diatur sendiri, dll. 
Tetapi, level masalah yang dihadapinya juga semakin tinggi. Ia harus melakukan semua sendiri, tak ada lagi orangtua yang biasa mengurusnya. Dan saat merantaulah ia banyak belajar. Berikut manfaat saat seseorang merantau. 
Menjadi orang yang mandiri 
Jauh dari orang tua membuat kamu jadi orang yang mandiri, setiap hal yang akan kamu lakukan, akan kamu lalukan sendirian. Ini yang bikin kamu tumbuh jadi pribadi yang mandiri. Untuk mereka yang tinggal dengan orang tua kemungkinan jarang mampu melakukannya. 
Menjadi orang yang bertanggung jawab 

Kamu dipercaya untuk tinggal berjauhan dengan orang tua yaitu sebuah tanggung jawab yang besar dan ini harus dijaga. Hanya orang perantau yang tahu bagaimana menjaga kepercayaan tersebut . 
Mudah beradaptasi dengan linkungan 

Pada saat merantau kamu akan merasakan dan alami banyak perbedaan budaya, seperti logat bahasa, gaya hidup, cara bergaul, dll. Terlebih jika jarak kampung dengan tempat kamu merantau terpaut begitu jauh, tentu budayanya sangat berbeda. Mungkin awalannya akan terasa aneh saat ada di lingkungan baru dengan budaya seperti itu. Saat itulah kamu akan tahu kalau di setiap lingkungan ada budaya yang harus dipahami. Tentunya kamu akan belajar untuk dapat beradaptasi dengan satu lingkungan baru. Dan saat pergi ke lingkungan yang berbeda lagi, kamu sudah bisa beradaptasi dengan cepat. Pastinya anak perantau sudah tau caranya beradaptasi dengan baik. 
Bisa survive (bertahan hidup) 
Saat uang mulai menipis, persediaan beraspun hampir habis. Sementara kiriman dari orangtua baru datang 2 minggu lagi. Cara yang sering dilakukan yaitu meminjam uang pada teman yang miliki uang lebih dari kita atau menjalin silaturahmi ke kontrakan teman yang punya beras masih banyak. Saat jauh dari orangtua, kamu akan melakukan segalanya untuk dapat bertahan. Dan inilah yang membuat kamu menjadi lebih tahan terhadap halangan dan rintangan karena terbiasa melakukan segala hal dengan sendiri, tanpa bergantung sepenuhnya pada orang tua. 
Menyukai tantangan 

Tinggal di satu lingkungan baru akan mempertemukanmu dengan berbagai macam rintangan dan halangan. Tidak ada orangtua, mungkin hanya teman atau tetangga yang bisa membantu. Hingga cepat atau lambat kamu akan mampu menangani halangan dan rintangan itu karena telah terbiasa menghadapinya. 
Berani mengambil risiko 

Waktu beberapa orang memutuskan dengan keraguan dan sangat banyak pertimbangan, kamu akan jadi karakter yang lebih berani dalam memutuskan sesuatu. Karena selama di perantauan kamu telah terbiasa dengan hal itu dan mempertimbangkan segala risiko yang akan kamu hadapi. 
Lebih mudah mengikhlaskan sesuatu 
Selama menjalani kehidupan di tanah rantau, tentu banyak hal yang berjalan tidak sesuai dengan yang kamu harapkan. Saat kamu ada bersama orang tuamu mungkin saja kamu bisa mencari jalan pintas dengan memanfaatkan relasi yang dimiliki orangtua kamu. Namun di tanah rantau kamu akan belajar arti dari satu keikhlasan saat hal yang tidak kamu harapkan terjadi. 
Memiliki manajemen diri yang lebih baik
Uang yang di kirim orangtua harus bisa kamu pertimbangkan sampai kiriman selanjutnya. Kamu akan mengelola keuangan sendiri dan mengelola waktumu sendiri. Ini akan menjadikanmu manajer terbaik untuk dirimu sendiri. 
Lebih percaya diri dari sebelumnya 

Bila sebelum merantau kamu yaitu orang yang pemalu dan tak percaya diri, dijamin setelah merantau kamu akan jadi lebih 'PeDe'. Mungkin saja sebelumnya kamu tidak 'Pede' saat berkomunikasi dengan orang baru, bertanya alamat pada orang yang tidak di kenal, menyetor duit di Bank, mengurusi surat tilang, mengurusi surat-surat yang kamu butuhkan, dan lain-lain. Jadi diperantauan harus, suka tak suka, kamu harus melakukan itu. Mungkin awalannya akan ada teman yang memandumu dan setelah itu kamu mulai punya kebiasaan. Hingga hal yang sebelumnya membuatmu tidak 'Pede' akan jadi hal biasa kamu lakukan di perantauan. 
Melihat sesuatu dari berbagai sisi 

Untuk mereka yang belum pernah merantau, mereka akan terbiasa lihat cuma dari satu sisi saja. Namun untuk kamu yang telah lama merantau akan lihat suatu hal dengan sisi yang tidak sama. Karena kamu sudah punya kebiasaan hidup dengan berbagai budaya dan pemahaman, punya kebiasaan bergaul dengan banyak pola pikir dan watak yang tidak sama. Beberapa hal yang seperti itu akan membuatmu bisa memahami sesuatu dari berbagai sisi. 
Tidak menjadi sosok yang arogan 
Mungkin saat ada dikampung halaman, semua orang mengenal kamu karena bapakmu yaitu pejabat di desamu. Akan tetapi di tanah rantau kamu memulai semuanya dari 0, tak ada latar belakang yang membangun penilaian terhadapmu. Semua kamu sendiri yang memulai. Di saat itulah kamu bakal belajar membangun relasi dengan teman atau tetangga di perantauan. Dan sosok aroganmu yang terbawa dari kampung perlahan akan mulai terkikis. Karena temanmu akan menjauh bila kamu masih menonjolkan sifat arogan. 
Berbahagialah kalian yang di beri kesempatan untuk bisa merantau. Tak banyak orang yang bisa merasakan hal tersebut dan sebagaian besar hal diatas tentu kamu rasakan. Sedangkan untuk kamu yang saat ini masihlah bersama orang tua, tidak ada salahnya coba hal yang baru. Keluar dari zona nyaman untuk membangun karakter jadi lebih baik.

Share :

Facebook Twitter Google+
auto insurance,Structured settlements,Mesothelioma,Acne,Life Insurance,Death Insurance,Bextra,Asbestos,Car Insurance,Dental Plans,Private Jets,Debt Consolidation,Credit Cards,Rewards Cards,Equity Loans,Equity Line Credit,Loans,Mortgages,Pay Day Loans,Cash Advance,Bankruptcy,Reduce Debt,Refinance,Jet Charter,Vioxx,Wrongful death,Legal Advice,Taxes,Investing,Bonds,Online Trading,IRA Rollover,Refinance Quotes,Adult Education,Distance Learning,Alcohol Treatment,Rehab,Drug Rehab,Spyware,Cell Phone Plans,Calling Cards,VOIP,Weight Loss,Canadian Pharmacy,Depression,Spam Filter,Lasik,Facelift,Teeth Whitening,Annuity,Anti Virus Protection,Adult Diaper,Free Credit Report,Credit Score,Satellite,Anti Spam Software,Dedicated Hosting,Domain Name,Need Money,Bachelor Degree,Master Degree,Doctorate Degree,Work at Home,Quick Book,Extra Money,Eloan,Malpractice Lawyer,Lenox China,Cancer,Payperclick,Personal Injury Attorney,Lexington Law,Video Conferencing,Transfer Money,Windstar Cruise,Casinos Online,Term Life,Online Banking,Borrow Money,Low Interest Credit Cards,Personal Domain Name,Cellular Phone Rental,Internet Broker,Trans Union,Cheap Hosting,University Degrees Online,Online Marketing,Consolidate,Helpdesk Software,Web Host,Homeowner’s Insurance,Yellow Page Advertising,Travel Insurance,Register Domain,Credit Counseling,Email Hosting,Business Credit,Consumer Credit,Blue Cross,Laptop Computer , auto insurance quotes, auto insurance companies, auto insurance florida, auto insurance quotes online, auto insurance america, auto insurance comparison, auto insurance reviews, auto insurance calculator, auto insurance score, auto insurance quotes, auto insurance companies, auto insurance florida, auto insurance quotes online, auto insurance america, auto insurance comparison, auto insurance reviews, auto insurance calculator, auto insurance score, auto insurance ratings
Back To Top